RPP PJOK KELAS 1 GERAK NON LOKOMOTOR

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan      : SDN 1 DEPOK

Mata Pelajaran            : PJOK

Kelas /Semester           : I /Ganjil

Tahun Pelajaran          : 20      /  20

Materi Pokok              : Geraka Dasar Non-Lokomotor

Alokasi Waktu             : 16 JP ( 4 Pertemuan)

 

A.    Tujuan Pembelajaran

Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran   mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan peserta didik diharapkan dapat

ª  Mengetahui gerak dasar non-lokomotor memutar dan mengayun

ª  Mengetahui gerak dasar non-lokomotor menekuk dan menarik

ª  Mengetahui gerak dasar non-lokomotor meliuk, menggoyang dan memili

ª  Mengetahui gerak dasar non-lokomotor mengedang, mengkerut dan melenting

ª  Memadukan gerak konsep non-lokomotor

 

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.2  Memahami prosedur gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

3.2.1   Menjelaskan prosedur gerakan memutar dan mengayun tampa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

3.2.2   Menjelaskan prosedur gerakan menekuk dan menarik tampa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

3.2.3   Menjelaskan prosedur gerakan meliuk,menggoyang dan memilin sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

3.2.4   Menjelaskan prosedur gerakan mengandang,mengkerut dan melenting sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

3.2.5   Memadukan gerakan konsep non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

4.2  Mempraktik kan gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

4.2.1   Memperagakan gerakan dasar non lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

 

C.    Materi Pembelajaran

1.     Fakta:

ª  Memutar

ª  Mengayun

ª  Menekuk

ª  Menarik

ª  Meliuk

ª  Menggoyang

ª  Memilin

ª  Mengedang

ª  Mengkerut

ª  Menekuk

ª  Melenting

ª  Memadukan konsep gerak

2.     Konsep

ª  non-lokomotor adalah kemampuan melakukan gerakan motorik anggota tubuh tanpa memindahkan seluruh tubuh dari satu tempat ke tempat lain.

3.     Prinsip

ª  Memuntir Badan. Gerakan memuntir atau memilin badan dapat dilakukan dengan memutar setengah badan dimana posisi kedua kaki tetap, tetapi anggota badan mulai dari pinggang sampai kepala diarahkan ke samping.

ª  Menekuk Badan. Gerakan Menekuk badan dapat dilakukan dengan jongkok, menunduk atau menekuk badan ke samping.

ª  Memutar Badan. Gerakan memutar badan dilakukan dengan mengubah posisi kaki untuk mengubah posisi bandan menghadap kea rah yang berbeda.

ª  Gerakan Mengubah Posisi Anggota Tubuh (Tangan, kaki, dan Kepala). Gerakan mengubah posisi anggota tubuh yang tidak menyebabkan berpindahnya badan secara keseluruhan ke tempat lain contohnya  menggeleng kepala, , melipat tangan, merentangkan tangan, mengangkang, mengangkat satu kaki, dsb.

4.     Prosedur

ª  Memperagakan gerakan dasar non lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

 

D.    Metode Pembelajaran

1.     Pendekatan                   :  Scientific Learning

2.     Model Pembelajaran      :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)

 

E.    Media Pembelajaran

1.     Media LCD projector,

2.     Laptop,

3.     Bahan Tayang

 

F.     Sumber Belajar

1.     Buku Mata Pelajaran PJOK Kelas 1 Kurikulum 2013

2.     Modul/bahan ajar,

3.     Internet,

4.     Sumber lain yang relevan

 

G.    Langkah-langkah Pembelajaran

1. Pertemuan Ke-1 ( 4 x 35 menit )

Waktu

Kegiatan Pendahuluan

Guru :

Orientasi

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Apersepsi

v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,

ª  Memutar

ª  Mengayun

ª  Menekuk

v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.

v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:

ª  Memutar

ª  Mengayun

ª  Menekuk

v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung

v  Mengajukan pertanyaan.

Pemberian Acuan

v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

v  Pembagian kelompok belajar

v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

20

menit

Kegiatan Inti

Sintak

Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Orientasi peserta didik kepada masalah

Mengamati

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik

ª  Memutar

ª  Mengayun

ª  Menekuk

dengan cara :

v  Melihat (tanpa atau dengan alat)

Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini

ª     

ª   

v  Mengamati

lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan:

ª 

ª 

ª 

v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan

ª  Memutar

ª  Mengayun

ª  Menekuk

v  Mendengar

pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan

ª  Memutar

ª  Mengayun

ª  Menekuk

v  Menyimak,

penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :

ª  Memutar

ª  Mengayun

ª  Menekuk

untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

Mengorganisasikan peserta didik

Menanya

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

v  Mengajukan pertanyaan tentang :

ª  Memutar

ª  Mengayun

ª  Menekuk

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :

ª   

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok

Mengumpulkan informasi

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

v  Mengamati obyek/kejadian,

v  Membaca sumber lain selain buku teks,

mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang

ª  Memutar

ª  Mengayun

ª  Menekuk

v  Mengumpulkan informasi

Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu

ª  Memutar

ª  Mengayun

ª  Menekuk

v  Aktivitas

ª  Peserta didik diminta untuk mengamati gerakan memutar mengayun dan menekuk

ª  Peserta didik diminta untuk bertanya tengtang kegiatan non-lokomotor

v  Mempraktikan

ª  Peserta didik diminta untuk memperagakan gerakan non-lokomotor memutar ditempat

ª  Peserta didik diminta untuk memperagakan gerakan non-lokomotor mengayun kaki dan tangan di tempat.

ª  Peserta didik diminta untuk memperagakan gerakan non-lokomotor dengan menekuk tangan dan kaki di tempat

v  Mendiskusikan

v  Saling tukar informasi tentang  :

ª  Memutar

ª  Mengayun

ª  Menekuk

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Mengkomunikasikan

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan

v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :

ª  Memutar

ª  Mengayun

ª  Menekuk

v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan

v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang

ª  Memutar

ª  Mengayun

ª  Menekuk

v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.

v  Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah

Mengasosiasikan

Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:

v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai

ª  Memutar

ª  Mengayun

ª  Menekuk

v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :

ª  Memutar

ª  Mengayun

ª  Menekuk

100

menit

Catatan :

Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

 

Kegiatan Penutup

Peserta didik :

  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.

Guru :

  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

20

menit

 

2. Pertemuan Ke-2 (4 x 35 menit )

Waktu

Kegiatan Pendahuluan

Guru :

Orientasi

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

v  Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak peserta didik untuk bernyanyi bersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak peserta didik menyanyikan lagu lain yang sesuai dengan tema pelajaran.

v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Apersepsi

v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,

ª  Memutar

ª  Mengayun

ª  Menekuk

v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.

v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:

ª  Menarik

ª  Meliuk

ª  Menggoyang

v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung

v  Mengajukan pertanyaan.

Pemberian Acuan

v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

v  Pembagian kelompok belajar

v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

20

menit

Kegiatan Inti

Sintak

Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Orientasi peserta didik kepada masalah

Mengamati

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik

ª  Menarik

ª  Meliuk

ª  Menggoyang

dengan cara :

v  Melihat (tanpa atau dengan alat)

Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini

 

v  Mengamati

lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan:

ª  Menarik

ª  Meliuk

ª  Menggoyang

v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan

ª  Menarik

ª  Meliuk

ª  Menggoyang

v  Mendengar

pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan

ª  Menarik

ª  Meliuk

ª  Menggoyang

v  Menyimak,

penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :

ª  Menarik

ª  Meliuk

ª  Menggoyang

untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

Mengorganisasikan peserta didik

Menanya

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

v  Mengajukan pertanyaan tentang :

ª  Menarik

ª  Meliuk

ª  Menggoyang

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :

ª   

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok

Mengumpulkan informasi

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

v  Mengamati obyek/kejadian,

v  Membaca sumber lain selain buku teks,

mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang

ª  Menarik

ª  Meliuk

ª  Menggoyang

v  Mengumpulkan informasi

Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu

ª  Menarik

ª  Meliuk

ª  Menggoyang

v  Aktivitas

ª  Peserta didik diminta untuk mengamati gerak dasar non-lokomotor menari,meliuk dan menggoyang

v  Mempraktikan

ª  Peserta didik diminta untuk memperagakan gerak dasar non-lokomotor menarik diam ditempat

ª  Peserta didik diminta untuk memperagakan gerak dasar nonlokomotor meliuk

ª  Peserta didik diminta untuk memperagakan gerak dasar nonlokomotor mengoyang

v  Mendiskusikan

v  Saling tukar informasi tentang  :

ª  Menarik

ª  Meliuk

ª  Menggoyang

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Mengkomunikasikan

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan

v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :

ª  Menarik

ª  Meliuk

ª  Menggoyang

v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan

v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang

ª  Menarik

ª  Meliuk

ª  Menggoyang

v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.

v  Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah

Mengasosiasikan

Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:

v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai

ª  Menarik

ª  Meliuk

ª  Menggoyang

v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :

ª  Menarik

ª  Meliuk

ª  Menggoyang

100

menit

Catatan :

Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

 

Kegiatan Penutup

Peserta didik :

  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.

Guru :

  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

20

menit

 

3. Pertemuan Ke-3 (4 x 35 menit )

Waktu

Kegiatan Pendahuluan

Guru :

Orientasi

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

v  Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak peserta didik untuk bernyanyi bersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak peserta didik menyanyikan lagu lain yang sesuai dengan tema pelajaran.

v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Apersepsi

v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,

ª  Menarik

ª  Meliuk

ª  Menggoyang

v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.

v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:

ª  Memilin

ª  Mengedang

ª  Mengkerut

v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung

v  Mengajukan pertanyaan.

Pemberian Acuan

v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

v  Pembagian kelompok belajar

v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

20

menit

Kegiatan Inti

Sintak

Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Orientasi peserta didik kepada masalah

Mengamati

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik

ª  Memilin

ª  Mengedang

ª  Mengkerut

dengan cara :

v  Melihat (tanpa atau dengan alat)

Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini

v  Mengamati

lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan:

ª  Memilin

ª  Mengedang

ª  Mengkerut

v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan

ª  Memilin

ª  Mengedang

ª  Mengkerut

v  Mendengar

pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan

ª  Memilin

ª  Mengedang

ª  Mengkerut

v  Menyimak,

penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :

ª  Memilin

ª  Mengedang

ª  Mengkerut

untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

Mengorganisasikan peserta didik

Menanya

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

v  Mengajukan pertanyaan tentang :

ª  Memilin

ª  Mengedang

ª  Mengkerut

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :

ª   

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok

Mengumpulkan informasi

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

v  Mengamati obyek/kejadian,

v  Membaca sumber lain selain buku teks,

mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang

ª  Memilin

ª  Mengedang

ª  Mengkerut

v  Mengumpulkan informasi

Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu

ª  Memilin

ª  Mengedang

ª  Mengkerut

v  Aktivitas

ª  Peserta didik diminta untuk mengamati gerak dasar non-lokomotor memilin, mengedang dan mengkerut

ª  Peserta didik diminta untuk bertanya pada kegiatan menanya

v  Mempraktikan

ª  Peserta didik diminta untuk memperagakan gerak dasar non-lokomotor diam di tempat seperti memilin

ª  Peserta didik diminta untuk memperagakan gerak dasar non-lokomotor diam di tempat seperti mengedang

ª  Peserta didik diminta untuk memperagakan gerak dasar non-lokomotor diam di tempat seperi mengkerut

v  Mendiskusikan

v  Saling tukar informasi tentang  :

ª  Memilin

ª  Mengedang

ª  Mengkerut

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Mengkomunikasikan

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan

v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :

ª  Memilin

ª  Mengedang

ª  Mengkerut

v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan

v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang

ª  Memilin

ª  Mengedang

ª  Mengkerut

v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.

v  Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah

Mengasosiasikan

Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:

v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai

ª  Memilin

ª  Mengedang

ª  Mengkerut

v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :

ª  Memilin

ª  Mengedang

ª  Mengkerut

100

menit

Catatan :

Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

 

Kegiatan Penutup

Peserta didik :

  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.

Guru :

  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

20

menit

 

4. Pertemuan Ke-4 (4 x 35 menit )

Waktu

Kegiatan Pendahuluan

Guru :

Orientasi

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

v  Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak peserta didik untuk bernyanyi bersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak peserta didik menyanyikan lagu lain yang sesuai dengan tema pelajaran.

v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Apersepsi

v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,

ª  Memilin

ª  Mengedang

ª  Mengkerut

v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.

v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:

ª  Melenting

ª  Memadukan konsep gerak

v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung

v  Mengajukan pertanyaan.

Pemberian Acuan

v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

v  Pembagian kelompok belajar

v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

20

menit

Kegiatan Inti

Sintak

Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Orientasi peserta didik kepada masalah

Mengamati

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik

ª  Melenting

ª  Memadukan konsep gerak

dengan cara :

v  Melihat (tanpa atau dengan alat)

Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini

v  Mengamati

lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan:

ª  Melenting

ª  Memadukan konsep gerak

v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan

ª  Melenting

ª  Memadukan konsep gerak

v  Mendengar

pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan

ª  Melenting

ª  Memadukan konsep gerak

v  Menyimak,

penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :

ª  Melenting

ª  Memadukan konsep gerak

untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

Mengorganisasikan peserta didik

Menanya

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

v  Mengajukan pertanyaan tentang :

ª  Melenting

ª  Memadukan konsep gerak

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :

ª   

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok

Mengumpulkan informasi

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

v  Mengamati obyek/kejadian,

v  Membaca sumber lain selain buku teks,

mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang

ª  Melenting

ª  Memadukan konsep gerak

v  Mengumpulkan informasi

Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu

ª  Melenting

ª  Memadukan konsep gerak

v  Aktivitas

ª  Peserta didik diminta untuk mengamati gerak dasar memadukan konsep gerak non-lokomotor.

ª  Peserta didik diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang diberikan oleh guru

v  Mempraktikan

ª  Peserta didik diminta untuk memperagakan dan memadukan gerak dasar non-lokomotor

v  Mendiskusikan

v  Saling tukar informasi tentang  :

ª  Melenting

ª  Memadukan konsep gerak

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Mengkomunikasikan

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan

v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :

ª  Melenting

ª  Memadukan konsep gerak

v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan

v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang

ª  Melenting

ª  Memadukan konsep gerak

v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.

v  Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah

Mengasosiasikan

Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:

v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai

ª  Melenting

ª  Memadukan konsep gerak

v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :

ª  Melenting

ª  Memadukan konsep gerak

100

menit

Catatan :

Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

 

Kegiatan Penutup

Peserta didik :

  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.

Guru :

  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

20

menit

 

F.     Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 

1.     Teknik Penilaian

a.     Penilaian Kompetensi Pengetahuan

1)     Tes Tertulis

a)     Pilihan ganda

b)     Uraian/esai

2)     Tes Lisan

b.     Penilaian Kompetensi Keterampilan

1)     Proyek, pengamatan, wawancara

ª  Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok

ª  Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok

ª  Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi

2)     Portofolio / unjuk kerja

ª  Laporan tertulis individu/ kelompok

3)     Produk,

2.     Instrumen Penilaian

a.     Pertemuan Pertama (Terlampir)

b.     Pertemuan Kedua (Terlampir)

c.      Pertemuan Ketiga (Terlampir)

d.     Pertemuan Keempat (Terlampir)

e.       

 

3.     Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

a.     Remedial

v  Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar

v  Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.

ª  Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi Guru akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).

 

b.     Pengayaan

v  Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.

v  Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.

v  Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya

ª  Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan yang telah  disiapkan  oleh  guru  berupa  pertanyaan-pertanyaan  pilihan ganda dalam buku panduan guru. Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan.

 

 

 

 

 

           

Mengetahui                                                                      Depok, ................................ 20

Kepala SDN 1 Depok                                                       Guru PJOK

 

 

 

SUYATMO, S.Pd                                                                                    PRIYONO, S.Pd

NIP.                                                                                  NIP. -

 


 

Penilaian Sikap

 

Satuan Pendidikan      : SDN 1 DEPOK

Mata Pelajaran            : PJOK

Kelas /Semester           : I /Ganjil

Tahun Pelajaran          : 20      /  20

 

 

 

 

No.

 

 

Nama peserta didik

 

Aktifitas

 

Kerja sama

 

Keaktifan

 

Partisipasi

 

Inisiatif

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rubrik penilaian:

1.     Apabila peserta didik belum memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator.

2.     Apabila  sudah  memperlihatkan  perilaku  tetapi  belum  konsisten  yang dinyatakan dalam indikator.

3.     Apabila sudah memperlihatkan perilaku dan sudah kosisten yang dinyatakan dalam indikator.

4.     Apabila sudah memperlihatkan perilaku kebiasaan yang dinyatakan dalam indikator.

Catatan :

Penguasaan nilai disesuaikan dengan karakter yang diinginkan.

Rentang Skor                = Skor Maksimal – Skor Minimal

= 16 – 4

= 12

MK =

14 - 16

MB =

11- 13

MT =

8 - 10

BT =

4-7

Keterangan:

BT

Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda- tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).

MT

Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda- tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).

MB

Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai

 

 

MK

Mulai membudaya/terbiasa (apabila peserta didik terus-menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten).

 


 

Format Penilaian Sikap.

 

Satuan Pendidikan      : SDN 1 DEPOK

Mata Pelajaran            : PJOK

Kelas /Semester           : I /Ganjil

Tahun Pelajaran          : 20      /  20

 

Format Lembar Pengamatan Sikap Peserta didik

 

 

 

 

No

 

 

Nama

Sikap

 

Keterbukaan

 

Ketekunan belajar

 

Kerajinan

 

Tenggang rasa

 

Kedisiplinan

 

Kerja sama

 

Ramah dengan teman

Hormat pada orang tua

 

Kejujuran

 

Menepati janji

 

Kepedulian

 

Tanggung jawab

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 sampai dengan 4

 


 

Jurnal (buku catatan harian tentang peserta didik oleh guru)

 

Nama sekolah             : SDN 1 DEPOK

Mata pelajaran        : PJOK

Kelas                          :  1

Tahun Pelajaran        : 20      /  20

Nama Guru                 : PRIYONO, S.Pd

 

Contoh Isi Buku Catatan Harian

 

No.

Hari/Tanggal

Nama Peserta didik

Kejadian

1.

 

 

 

2.

 

 

 

3.

 

 

 

dst.

 

 

 

Kolom kejadian diisi dengan kejadian positif maupun negatif. Catatan dalam lembaran buku tersebut, selain bermanfaat untuk merekam dan menilai perilaku peserta didik, sangat bermanfaat pula untuk menilai sikap peserta didik serta dapat menjadi bahan dalam penilaian perkembangan peserta didik secara keseluruhan. Selain itu, dalam observasi perilaku, dapat juga  digunakan  daftar cek  yang  memuat  perilaku-perilaku  tertentu  yang diharapkan muncul dari peserta didik pada umumnya atau dalam keadaan tertentu.

 


 

Kisi-Kisi TesTertulis /Uraian/Essai

Satuan Pendidikan      : SDN 1 DEPOK

Mata Pelajaran            : PJOK

Kelas /Semester           : I /Ganjil

Tahun Pelajaran          : 20      /  20

 

No

KompetensiDasar

Materi

IndikatorSoal

BentukSoal

Jumlah Soal

1

3.2  Memahami prosedur gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

·     Memutar

·     Mengayun

·     Menekuk

·     Menarik

·     Meliuk

·     Menggoyang

·     Memilin

·     Mengedang

·     Mengkerut

·     Melenting

·     Memadukan konsep gerak

·   

Uraian

 

 

Contoh butir soal:

1.     Jelaskan cara melakukan gerak dasar non-lokomotor

 

Pedoman Penskoran Soal Uraian

No. Soal

Rubrik

Skor

1

Siswa dapat menyebutkan jawaban dengan baik dan benar.

4

2

Siswa dapat menyebutkan jawaban dengan baik dan benar, tapi kurang lengkap.

3

3

Siswa dapat menyebutkan jawaban tapi salah sebagian besar.

1

 

 

 

 

Skor Maksimum

8

 


 

Kisi-Kisi TesTertulis /PilihanGanda

 

Satuan Pendidikan      : SDN 1 DEPOK

Mata Pelajaran            : PJOK

Kelas /Semester           : I/Ganjil

Tahun Pelajaran          : 20      /  20

 

No

KompetensiDasar

Materi

IndikatorSoal

BentukSoal

Jumlah Soal

1

3.2  Memahami prosedur gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

·     Memutar

·     Mengayun

·     Menekuk

·     Menarik

·     Meliuk

·     Menggoyang

·     Memilin

·     Mengedang

·     Mengkerut

·     Melenting

·     Memadukan konsep gerak

·   

Pilihan Ganda

 

 

Soal Pilihan Ganda:

1.     .... 

a.       

b.      

c.       

d.      

 

Pedoman Penskoran Soal Uraian

No. Soal

Rubrik

Skor

1

Siswa dapat menyebutkan jawaban dengan baik dan benar.

1

2

Siswa menyebutkan jawaban salah

0

 

 

 

 

Skor Maksimum

 

 

 

                                                                                                  

 


 

Kisi-Kisi Penugasan

Satuan Pendidikan      : SDN 1 DEPOK

Mata Pelajaran            : PJOK

Kelas /Semester           : I /Ganjil

Tahun Pelajaran          : 20      /  20

 

No.

Kompetensi Dasar

Materi

Indikator Soal

Teknik Penilaian

1

3.2  Memahami prosedur gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

·     Memutar

·     Mengayun

·     Menekuk

·     Menarik

·     Meliuk

·     Menggoyang

·     Memilin

·     Mengedang

·     Mengkerut

·     Melenting

·     Memadukan konsep gerak

·   

Penugasan

 

Tugas:

ª   

 

 

Rubrik Penskoran Penugasan

Komponen

Penilaian

Rubrik

Skor

Pendahuluan

 

Tujuan dan landasan teori disampaikan dengan tepat

 

4

 

Tujuan atau landasan teori disampaikan dengan kurang tepat

 

3

 

Hanyamemuat salah satu komponenpendahuluan namun disampaikan dengan tepat

 

2

 

Hanyamemuat salah satu komponen pendahuluan dan disampaikan dengan kurangtepat

 

1

 

Pelaksanaan

 

Baris program ditulis dengan lengkap berikut flowchart dan penjelasannyadengan tepat

 

4

 

Baris program ditulisdengan lengkap berikut flowchart dan penjelasannyadengan kurangtepat

 

3

 

Baris program ditulis dengan lengkap berikut flowchart dengan tepat

 

2

 

Baris program ditulis dengan lengkap berikut flowchart dengan kurang tepat

 

1

 

Kesimpulan

 

Terkait  dengan pelaksanaan tugas danadasaran untuk perbaikan penugasan berikutnyayang feasible

 

4

 

Terkait  dengan pelaksanaan tugas danadasaran untuk perbaikan penugasan berikutnyatetapi kurang  feasible

 

3

 

Terkait  dengan pelaksanaan tugas tetapi tidak adasaran

 

2

 

Tidak terkait dengan pelaksanaan tugas dan tidak ada saran

 

1

 

Tampilan laporan

 

Laporan rapi dan menarik, dilengkapicoverdan foto/gambar

 

4

 

Laporan rapi dan menarik, dilengkapicoveratau foto/gambar

 

3

 

Laporan dilengkapi cover atau foto/gambartetapikurang rapi atau kurangmenarik

 

2

 

Laporan kurangrapi dankurangmenarik, tidak dilengkapi coverdanfoto/gambar

 

1

 

Keterbacaan

 

Mudah dipahami, pilihan katatepat, danejaan semua benar

 

4

 

Mudah dipahami, pilihan katatepat, beberapa ejaan salah

 

3

 

Kurangdapat dipahami,pilihan katakurangtepat,  dan beberapa ejaan salah

 

2

 

Tidak mudah dipahami,pilihan katakurangtepat,  dan banyak ejaanyangsalah

 

1

 

No

 

Nama

Skoruntuk

Jumlah

skor

 

Nilai

Pend

Pelaks

Kesimp

Tamp

Keterb

1

Adi

4

2

2

3

3

14

70

...

...

...

...

...

...

...

...

...

 

Keterangan:

©  Skor maksimal = banyaknya kriteria x skor tertinggi setiap kriteria.

©  Pada contoh di atas, skor maksimal  = 5x 4= 20.

©   

©    Pada contoh di atas nilai tugas Ajat =  = 70


 

Rubrik Penilaian Tugas Proyek

Satuan Pendidikan      : SDN 1 DEPOK

Mata Pelajaran            : PJOK

Kelas /Semester           : I /Ganjil

Tahun Pelajaran          : 20      /  20

Tugas

ª   

 

Rubrik penilaian proyek untuk mengumpulkan  lembar kegiatan

ª   

 

 

No

 

 

Nama

Penilaian

Keakuratan Data  dan Informasi

 

Ketepatan

Analisis

Kerapian Penulisan Laporan

 

Kelancaran

Presentasi

1.

....

.....

....

....

....

2.

....

.....

....

....

....

....

....

.....

....

....

....

 

Pedoman penskoran :

Aspek yang  Dinilai

Skor

Keakuratan data  dan  informasi

 Data dan  informasi yang digunakan sangat akurat dan lengkap

 Data dan  informasi yang digunakan akurat tetapi kurang lengkap

 Data dan  informasi yang digunakan tidak  akurat dan tidak  lengkap

 

3

2

1

Ketepatan analisis

 Analisis tepat

 Analisis kurang tepat

 Analisis tidak  tepat

 

 

3

2

1

Kerapian penulisan laporan

 Penulisan laporan rapi

 Penulisan laporan kurang rapi

 Penulisan laporan tidak  rapi

 

3

2

1

Kelancaran dalam presentasi

 Lancar

 Kurang lancar

 Tidak  lancar

 

3

2

1

 


Format Penilaian Praktik:

Satuan Pendidikan      : SDN 1 DEPOK

Mata Pelajaran            : PJOK

Kelas /Semester           : I /Ganjil

Tahun Pelajaran          : 20      /  20

 

Tugas                           :

ª  Memperagakan gerak dasar non-lokomotor

ª   

 

Nama peserta didik     :                 

Kelas                           :          

 

 

No                         ASPEK YANG DINILAI

Skala Penilaian

 

4

 

3

 

2

 

1

1.

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

Kriteria penilaian dapat dilakukan sebagai berikut:

4 = sangat baik

3 = baik

2 = kurang

1 = sangat kurang


 

INSTRUMEN REMEDIAL

 

 

Satuan Pendidikan      : SDN 1 DEPOK

Mata Pelajaran            : PJOK

Kelas /Semester           : I /Ganjil

Tahun Pelajaran          : 20      /  20

 

 

Remidial dilakukan apabila setelah diadakan penilaian pada kompetensi yang telah diajarkan pada peserta didik, nilai yang dicapai lidak  memenuhi  KB (Ketuntasan  Belajar) yang  telah  ditentukan, berikut contoh formatnya: remidial terhadap tiga peserta didik.

 

 

No.

 

Nama Peserta Didik

 

 

KD

 

 

Aspek

 

 

Materi

 

 

Indikator

 

 

KB

 

 

Bentuk

Remedial

 

Nilai

Awal

Remedial

1.

 

 

 

2.

 

 

 

3.

Ajat

 

 

 

Ewinkz

 

 

 

Helmi

 

 

 

 

70

 

66

83

 


 

Format Pengayaan

 

Satuan Pendidikan      : SDN 1 DEPOK

Mata Pelajaran            : PJOK

Kelas /Semester           : I /Ganjil

Tahun Pelajaran          : 20      /  20

 

Pengayaan   dilakukan apabila setelah diadakan penilaian pada kompetensi  yang telah diajarkan  pada  peserta  didik, nilai   yang dicapai melampaui KB (Ketuntasan Belajar) yang telah ditentukan, berikut contoh formatnya : pengayaan terhadap enam peserta didik.

 

 

No.

 

Nama Peserta Didik

 

 

KD

 

 

Aspek

 

 

Materi

 

 

Indikator

 

 

KB

 

Bentuk

Pengayaan

 

Nilai

Awal

Pengayaan

1.

 

 

 

2.

 

 

 

3.

Delon

 

 

 

Fregi

 

 

 

Hilman

 

 

 

 

70

 

80

 

 

 

80

 

 

 

80

85

 

 

 

85

 

 

 

85

 

 

 

 

 

 

Mengetahui                                                                      Depok, .............................. 20

Kepala SDN 1 Depok                                                       Guru PJOK

 

 

 

SUYATMO, S.Pd                                                                                    PRIYONO, S.Pd

NIP.                                                                                  NIP. -

 

 

0 Response to "RPP PJOK KELAS 1 GERAK NON LOKOMOTOR"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel