RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan K13 Materi Pencak Silat

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan


Identitas Sekolah       :  SD NEGERI 1 DEPOK
Kelas                         :  4 ( Empat )
Tema                         :  4. Berbagai Pekerjaan
Sub Tema                  :  2. Pekerjaan di Sekitarku
Pembelajaran             :  3 ( Tiga )
Fokus Pembelajaran   :  Penjasorkes
Alokasi Waktu            :  2 X 4 X 35
Tanggal Pelaksanaan  : 



A.   Kompetensi Inti

    3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya           berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain

        4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis,  dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku    anak beriman dan berakhlak mulia

B.   Kompetensi dasar dan Indikator

3.4 Memahami prosedur pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor untuk membentuk gerak dasar seni bela diri.
4.4 Mempraktikkan prosedur pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerak dasar seni bela diri.


Indikator:
3.4.5 Menjelaskan berbagai jenis tendangan dalam pencak silat.
4.4.5 Mempraktikkan berbagai jenis tendangan dalam pencak silat.

C.   Tujuan

1.  Dengan mengamati gambar, membaca penjelasan, dan mengamati peragaan dari guru, siswa mampu memahami prosedur pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor untuk membentuk gerak dasar tendangan dalam seni bela diri dengan benar.

2.  Setelah mengamati gambar, membaca penjelasan, dan mengamati peragaan dari guru, siswa mampu mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor untuk membentuk gerak dasar tendangan dalam seni bela diri dengan benar.



D.   Materi Pembelajaran

1  Mempelajari berbagai jenis tendangan dalam pencak silat.
2. Siswa memperagakan setiap gerakan tendangan, seperti gambar    dan penjelasan berikut

E.   Metode Pembelajaran:

~ Demostrasi
~ Tugas.
~ Tanya jawab

F.   Media Pembelajaran :

~ Lapangan Pencak silat

Langkah-langkah Pembelajaran:

1.  Pendahuluan






·      Siswa berbaris rapi membentuk barisan 3 bersap.
·      Siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing,
·      Melakukan presensi siswa
·      Tanya jawab tentang : perjalanan siswa dari rumah kesekolah
·      Melakukan pemanasan dalam bentuk lomba, yang mengarah pada materi inti.
·      Guru menginformasikan tentang materi pembelajaran yang akan dilaksanakan
·      Guru menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan oleh anak-anak.

2.     Inti

Siswa mengamati guru memperagakan setiap gerakan tendangan, seperti gambar    dan penjelasan berikut.

1. Tendangan lurus
      Tendangan yang menggunakan ujung kaki dengan tungkai lurus. Tendangan ini mengarah ke depan pada sasaran dengan meluruskan tungkai sampai ujung kaki. Bagian kaki yang kena saat menendang adalah pangkal bagian dalam jari-jari kaki. Posisi badan menghadap ke sasaran.






2. Tendangan tusuk
Hampir sama dengan tendangan lurus, yakni mengarah ke depan, namun perkenaannya adalah ujung jari-jari kaki.

 






3. Tendangan jejak
    Disebut juga dorongan telapak kaki. Tendangan ini mengarah ke depan yang sifatnya mendorong ke sasaran dada dengan perkenaan telapak kaki penuh.




3.    Penutup
·      Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran
·      Tanya jawab tentang materi yang dipelajari.
·      Melakukan penilaian hasil kerja

H. Penilaian:

     Praktik pukulan dalam pencak silat dinilai dengan daftar periksa

Kriteria
Ya
Tidak
Komentar Guru

Siswa dapat melakukan tendangan lurus dengan baik.




Siswa dapat melakukan tendangan tusuk dengan baik




Siswa dapat melakukan tendangan jejak dengan baik.




Siswa dapat melakukan tendangan T dengan baik.





Beri tanda centang () pada kriteria yang mampu dilakukan siswa.

NO
NAMA SISWA
Kriteria

Sikap
Pantang menyerah
Berusaha
Berani
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
1







2







3







4







5











              Mengetahui                                                      Depok, `17 Oktober 2016
          Kepala SDN 1 Depok                                                    Guru Penjasorkes
  



              Marfu’ah, S.Pd                                                           Priyono, S.Pd
       NIP. 19600107 198012 2 003                                              NIP. -


0 Response to "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan K13 Materi Pencak Silat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel