RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan K13 Materi Pencak Silat
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan
Identitas Sekolah :
SD NEGERI 1 DEPOK
Kelas : 4 ( Empat )
Tema : 4.
Berbagai Pekerjaan
Sub Tema : 2. Pekerjaan
di Sekitarku
Pembelajaran :
3 ( Tiga )
Fokus Pembelajaran :
Penjasorkes
Alokasi Waktu :
2 X 4
X 35
Tanggal Pelaksanaan :
A.
Kompetensi Inti
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi
dasar dan Indikator
3.4 Memahami prosedur pola gerak dasar lokomotor
dan non-lokomotor untuk membentuk gerak dasar seni bela diri.
4.4 Mempraktikkan prosedur pola gerak dasar
lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerak dasar seni bela diri.
Indikator:
3.4.5 Menjelaskan berbagai jenis tendangan dalam pencak silat.
4.4.5 Mempraktikkan berbagai jenis tendangan dalam pencak silat.
C. Tujuan
1. Dengan
mengamati gambar, membaca penjelasan, dan mengamati peragaan dari guru, siswa
mampu memahami prosedur pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor untuk
membentuk gerak dasar tendangan dalam seni bela diri dengan benar.
2. Setelah
mengamati gambar, membaca penjelasan, dan mengamati peragaan dari guru, siswa
mampu mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor untuk
membentuk gerak dasar tendangan dalam seni bela diri dengan benar.
D.
Materi
Pembelajaran
1 Mempelajari berbagai jenis tendangan dalam
pencak silat.
2. Siswa
memperagakan setiap gerakan tendangan, seperti gambar dan penjelasan berikut
E.
Metode
Pembelajaran:
~
Demostrasi
~
Tugas.
~
Tanya jawab
F.
Media
Pembelajaran :
~ Lapangan
Pencak silat
Langkah-langkah
Pembelajaran:
1. Pendahuluan

·
Siswa berbaris rapi membentuk
barisan 3 bersap.
·
Siswa berdoa menurut agama
dan keyakinan masing-masing,
·
Melakukan presensi siswa
·
Tanya jawab tentang :
perjalanan siswa dari rumah kesekolah
·
Melakukan pemanasan dalam
bentuk lomba, yang mengarah pada materi inti.
·
Guru menginformasikan tentang
materi pembelajaran yang akan dilaksanakan
·
Guru menyampaikan kegiatan
yang akan dilakukan oleh anak-anak.
2.
Inti
Siswa mengamati guru
memperagakan setiap gerakan tendangan, seperti gambar dan penjelasan berikut.
1. Tendangan lurus
Tendangan yang menggunakan ujung kaki
dengan tungkai lurus. Tendangan ini mengarah ke depan pada sasaran dengan
meluruskan tungkai sampai ujung kaki. Bagian kaki yang kena saat menendang
adalah pangkal bagian dalam jari-jari kaki. Posisi badan menghadap ke sasaran.


2. Tendangan tusuk
Hampir sama dengan tendangan lurus, yakni mengarah ke depan, namun
perkenaannya adalah ujung jari-jari kaki.


3. Tendangan jejak


3.
Penutup
· Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran
· Tanya jawab tentang materi yang dipelajari.
· Melakukan penilaian hasil kerja
H.
Penilaian:
Praktik pukulan dalam
pencak silat dinilai dengan daftar periksa
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Komentar Guru
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Beri tanda centang (√) pada kriteria yang mampu dilakukan siswa.
NO
|
NAMA SISWA
|
Kriteria
|
|||||
Sikap
|
|||||||
Pantang
menyerah
|
Berusaha
|
Berani
|
|||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui Depok,
`17 Oktober 2016
Kepala
SDN 1 Depok Guru Penjasorkes
Marfu’ah, S.Pd Priyono, S.Pd
NIP. 19600107 198012 2 003 NIP.
-
0 Response to "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan K13 Materi Pencak Silat"
Post a Comment