RPP kelas 1 K13
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP )
Satuan
Pendidikan : SDN ...................................
Kelas/
Semester : 1 / 1 (Satu)
Tema/
Subtema :
Kegiatanku / Kegiatan Malam Hari
Pembelajaran :
2
Alokasi
Waktu : 1 x Pertemuan (4 x 35
Menit)
A.
Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru,
dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca)
dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan fak tual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman
dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
PJOK
Kompetensi
dasar
3.3 Memahami prosedur pola gerak dasar
manipulatifsesuai konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional
4.3 Mempraktikkan prosedur pola gerak dasar manipulatif
sesuai konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
Indikator:
3.3.5 Menjelaskan prosedur gerakan memantulkan sesuai
dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan sederhana
dan atau tradisional.
4.3.5 mempraktikkan gerakan memantulkan sesuai
dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan
dalam
permainan sederhana dan atau tradisional.
C Tujun
1.
Dengan
menyimak penjelasan dan contoh yang diberikan guru siswa
mampu menunjukkan prosedur gerakan
memantulkan dengan tepat.
2.
Melalui kegiatan praktik siswa mampu melakukan
gerakan memantulkan
dengan tepat
D.
Materi Pembelajaran
Permainan memantulkan bola besar
.
E.
Metode dan Pendekatan Pembelajaran
Metode : Demontrasi, tanya jawab dan diskusi
Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya,
mengumpulkan informasi, eksperimen,
mengasosiasi/mengolah
informasi, dan mengkomunikasikan).
Model : penugasan ,demontrasi , tanya jawab dan
ceramah.
F.
Kegiatan pembelajaran Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Siswa ke luar kelas menuju halaman
sekolah/lapangan olahraga sekolah.
Salah satu siswa memimpin doa
Melakukan komunikasi
tentang kehadiran (absensi
Siswa melakukan gerakan pemanasan
dengan panduan guru
- )
|
10
Menit
|
Kegiatan
Inti
|
-Siswa memperhatikan penjelasan dan
contoh
yang diperlihatkan guru tentang
teknik-teknik gerakan memantulkan
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, dan
usaha.
-Siswa melakukan latihan seperti yang
telah dicontohkan oleh guru secara
bersama-sama dengan panduan guru
selama lebih kurang 10 menit.
-Kemudian guru membagi siswa menjadi
beberapa kelompok sesuai dengan
jumlah bola yang ada.
-Masing-masing kelompok membentuk
lingkaran. Guru menyerahkan bola
kepada setiap kelompok.
-Lalu siswa mempraktikkan gerakan
memantulkan bola yang baru saja
diajarkan. Siswa mulai memantulkan
bola secara dengan
teknik yang sudah
diajarkan.
-Setelah waktunya habis siswa melakukan
pendinginan.
-Selesai berolahraga siswa dan guru
mengucapkan syukur kepada Tuhan dan
melanjutkan kegiatan berikutnya
|
120
Menit
|
Penutup
|
-Guru mengulas kembali materi yang sudah dipelajari.
-Siswa menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari dengan arahan guru.
-Siswa melakukan refleksi diri setelah mengikuti proses
pembelajaran.
- Siswa berdoa dengan
arahan guru.
|
10
Menit
|
G.
Sumber
Lingkungan
sekolah
Buku
guru dan buku siswa kelas 1 tema 3 kegiatan ku kementrian dan kebudayaan
Republik Indonesia 2016
H . Penilaian Keterampilan:
. 1
Melakukan gerakan menendang
Lembar Penilaian Keterampilan :
. 1 Melakukan gerakan memantulkan
No. Nama Siswa
Melakukan
seluruh gerakan
dengan
tepat
tanpa
……………..,
………..20..
Mengetahui : Guru PJOK
Kepala Sekolah
NIP
NIP
0 Response to "RPP kelas 1 K13"
Post a Comment