RPP kelas 1 K13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP )

Satuan Pendidikan       : SDN ...................................
Kelas/ Semester           : 1 / 1 (Satu)
Tema/ Subtema            : Kegiatanku /  Kegiatan Malam Hari
Pembelajaran               : 2
Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan (4 x 35 Menit)
                                                                                                                    
A. Kompetensi Inti (KI)
1.  Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam  
     berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca)
     dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
     kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.  Menyajikan pengetahuan fak tual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam
     karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
     yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
PJOK
Kompetensi dasar
3.3  Memahami prosedur pola gerak dasar manipulatifsesuai konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam
        berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.3  Mempraktikkan prosedur pola gerak dasar manipulatif sesuai konsep tubuh, ruang, usaha, dan                 keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

Indikator:
  3.3.5 Menjelaskan prosedur gerakan memantulkan sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan sederhana dan atau tradisional.
4.3.5  mempraktikkan gerakan memantulkan sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan
dalam permainan sederhana dan atau tradisional.

C Tujun

1.      Dengan menyimak penjelasan dan contoh yang diberikan guru siswa
            mampu menunjukkan prosedur gerakan memantulkan  dengan tepat.
2.       Melalui kegiatan praktik siswa mampu melakukan gerakan memantulkan
             dengan tepat

D. Materi Pembelajaran
Permainan memantulkan bola besar .

E. Metode dan Pendekatan Pembelajaran
     Metode         : Demontrasi, tanya jawab dan diskusi
     Pendekatan    : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, eksperimen,
                                mengasosiasi/mengolah informasi, dan mengkomunikasikan).
     Model                        : penugasan ,demontrasi , tanya jawab dan ceramah.

F. Kegiatan pembelajaran  Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Siswa ke luar kelas menuju halaman
sekolah/lapangan olahraga sekolah.
Salah satu siswa memimpin doa
Melakukan komunikasi tentang kehadiran (absensi
Siswa melakukan gerakan pemanasan
dengan panduan guru
-       )
10 Menit
Kegiatan Inti
-Siswa memperhatikan penjelasan dan
contoh yang diperlihatkan guru tentang
teknik-teknik gerakan memantulkan
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, dan
usaha.
-Siswa melakukan latihan seperti yang
telah dicontohkan oleh guru secara
bersama-sama dengan panduan guru
selama lebih kurang 10 menit.
-Kemudian guru membagi siswa menjadi
beberapa kelompok sesuai dengan
jumlah bola yang ada.
-Masing-masing kelompok membentuk
lingkaran. Guru menyerahkan bola
kepada setiap kelompok.
-Lalu siswa mempraktikkan gerakan
memantulkan bola yang baru saja
diajarkan. Siswa mulai memantulkan
bola  secara dengan teknik yang sudah
diajarkan.
-Setelah waktunya habis siswa melakukan
pendinginan.
-Selesai berolahraga siswa dan guru
mengucapkan syukur kepada Tuhan dan
melanjutkan kegiatan berikutnya
120 Menit
Penutup
-Guru mengulas kembali materi yang sudah dipelajari.
-Siswa menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari    dengan arahan guru.
-Siswa melakukan refleksi diri setelah mengikuti proses pembelajaran.
-       Siswa berdoa dengan arahan guru.
10 Menit

G. Sumber
Lingkungan sekolah
Buku guru dan buku siswa kelas 1 tema 3 kegiatan ku kementrian dan kebudayaan Republik Indonesia 2016
H . Penilaian Keterampilan:
. 1 Melakukan gerakan menendang

Lembar Penilaian Keterampilan :
. 1 Melakukan gerakan memantulkan


No. Nama Siswa
Melakukan
seluruh gerakan
 dengan
tepat
tanpa
                                                                                                …………….., ………..20..
            Mengetahui :                                                                          Guru PJOK
          Kepala Sekolah                                                            




NIP                                                                                         NIP

0 Response to "RPP kelas 1 K13"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel