RPP KELAS 6 PJOK
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : UPT SDN NGEMPLAKREJO
Mata
Pelajaran : PJOK
Kelas
/Semester : VI/Ganjil
Tema : Variasi Dan
Kombinasi Pola Gerak Dasar Permainan Sepakbola
Tahun
Pelajaran : 2018/2019
Alokasi
Waktu : 16 JP ( 4Pertemuan)
A.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui pendalaman cerita, pendalaman cerita kitab suci,
diskusi dan mendaraskan mazmur, peserta didik dapat :
ª Menjelaskan
variasi dan kombinasi pola gerak dasar menendang/ mengumpan bola
ª Menjelaskan
variasi dan kombinasi pola gerak dasar menghentikan bola
ª Menjelaskan
variasi dan kombinasi pola gerak dasar menggiring bola
ª Menjelaskan
variasi dan kombinasi pola gerak dasar menendang bola ke gawang
ª Memperagakan berbagai teknik dasar menendang/ mengumpan
bola
ª Memperagakan
berbagai teknik dasar menghentikan bola
ª Memperagakan
berbagai teknik dasar menggiring bola
ª Memperagakan
berbagai teknik dasar menendang bola ke gawang
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi
Dasar (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.1
Menerapkan prosedur variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor,
non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola
besar sederhana dan atau tradisional. * |
3.1.1
Menjelaskan variasi
dan kombinasi pola gerak dasar menendang/ mengumpan bola 3.1.2
Menjelaskan variasi
dan kombinasi pola gerak dasar menghentikan bola 3.1.3
Menjelaskan variasi
dan kombinasi pola gerak dasar menggiring bola 3.1.4
Menjelaskan variasi
dan kombinasi pola gerak dasar menendang bola ke gawang |
4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak
dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik
dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional. * |
4.1.1
Memperagakan berbagai teknik dasar menendang/ mengumpan
bola 4.1.2
Memperagakan
berbagai teknik dasar menghentikan bola 4.1.3
Memperagakan
berbagai teknik dasar menggiring bola 4.1.4
Memperagakan
berbagai teknik dasar menendang bola ke gawang |
C.
Materi Pembelajaran
1.
Fakta:
ª Permainan
sepak bola dilakukan oleh dua tim, masing-masing tim terdiri atas 11 orang pemain dan beberapa orang pemain
cadangan
2.
Konsep
ª Negara
yang pertama kali memperkenalkan dan menyebarluaskan olahraga sepak bola adalah
Inggris.
3.
Prinsip
ª Terdapat
beberapa teknik dalam permainan sepak bola, di antaranya menendang, mengontrol,
menyundul, dan menggiring.
4.
Prosedur
ª Memperagakan berbagai teknik dasar menendang/ mengumpan
bola
ª Memperagakan
berbagai teknik dasar menghentikan bola
ª Memperagakan
berbagai teknik dasar menggiring bola
ª Memperagakan
berbagai teknik dasar menendang bola ke gawang
D.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model
Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
E.
Media
Pembelajaran
1. Media
LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan
Tayang
F.
Sumber
Belajar
1. Buku Pegangan Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas 6 Kurikulum 2013
2. Buku Pegangan Siswa Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas 6 Kurikulum 2013
3. Modul/bahan
ajar,
4. Internet,
5. Sumber
lain yang relevan
G. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 4 x 35 menit ) |
Waktu |
||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v
Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v
Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran. ª Guru mengajak
peserta didik untuk berkenalan satu dengan yang lain, sehingga guru dapat mengenal peserta didik. Demikian
juga peserta didik bias saling mengenal
peserta didik lainnya. (Kegiatan ini disesuaikan dengan situasi) Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, ª Guru mengajak
peserta didik untuk mengingat kembali atau menyegarkan ingatan mereka, mengenai materi pelajaran PJOK pada kelas sebelumnya, untuk menjembatani materi
sebelumnya dengan materi yang baru. v
Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya. v
Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v
Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v
Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang: ª
Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar
menendang/mengumpan bola v
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung v
Mengajukan pertanyaan. v
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. v
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung v
Pembagian kelompok belajar v
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran. |
20 menit |
||||||||||||
Kegiatan Inti
|
100 menit |
||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan) |
|
||||||||||||
Kegiatan Penutup Peserta didik :
Guru :
|
20 menit |
2. Pertemuan Ke-2 (4 x 35 menit ) |
Waktu |
||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v
Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v
Sebelum memulai pelajaran, guru
mengajak peserta didik untuk bernyanyi bersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak peserta didik menyanyikan lagu lain yang sesuai dengan tema
pelajaran. v
Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin v
Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, ª
Variasi Dan Kombinasi Pola
Gerak Dasar menendang / mengumpan bola v
Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya. v
Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v
Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v
Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang: ª
Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar menghentikan
bola v
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung v
Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. v
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung v
Pembagian kelompok belajar v
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran. |
20 menit |
||||||||||||
Kegiatan Inti
|
100 menit |
||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan) |
|
||||||||||||
Kegiatan Penutup Peserta didik :
Guru :
|
20 menit |
3. Pertemuan Ke-3 (4 x 35 menit ) |
Waktu |
||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v
Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v
Sebelum memulai pelajaran, guru
mengajak peserta didik untuk bernyanyi bersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak peserta didik menyanyikan lagu lain yang sesuai dengan tema
pelajaran. v
Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin v
Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, ª
Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar menghentikan
bola v
Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya. v
Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v
Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v
Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang: ª
Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Menggiring
Bola v
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung v
Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. v
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung v
Pembagian kelompok belajar v
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran. |
20 menit |
||||||||||||
Kegiatan Inti
|
100 menit |
||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan) |
|
||||||||||||
Kegiatan Penutup Peserta didik :
Guru :
|
20 menit |
4. Pertemuan Ke-4 (4 x 35 menit ) |
Waktu |
||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v
Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v
Sebelum memulai pelajaran, guru
mengajak peserta didik untuk bernyanyi bersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak peserta didik menyanyikan lagu lain yang sesuai dengan tema
pelajaran. v
Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin v
Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, ª
Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Menggiring
Bola v
Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya. v
Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v
Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v
Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang: ª
Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Menendang
bola ke gawang v
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung v
Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. v
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung v
Pembagian kelompok belajar v
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran. |
20 menit |
||||||||||||
Kegiatan Inti
|
100 menit |
||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan) |
|
||||||||||||
Kegiatan Penutup Peserta didik :
Guru :
|
20 menit |
F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
1)
Tes
Tertulis
a) Pilihan
ganda
b) Uraian/esai
2)
Tes
Lisan
b.
Penilaian Kompetensi
Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
ª Mempelajari buku teks dan sumber lain
tentang materi pokok
ª Menyimak tayangan/demo tentang materi
pokok
ª Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan
pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
ª Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2.
Instrumen Penilaian
a.
Pertemuan Pertama (Terlampir)
b. Pertemuan
Kedua (Terlampir)
c.
Pertemuan Ketiga
(Terlampir)
d. Pertemuan
Keempat (Terlampir)
3.
Pembelajaran Remedial
dan Pengayaan
a. Remedial
v Remedial
dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada
peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian :
remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai
Kompetensi Dasar
v Guru
memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria
Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum
mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
ª Bagi peserta didik yang belum memahami
pelajaran ini, guru memberikan tugas, dengan menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang lebih sederhana,
b. Pengayaan
v Pengayaan
diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran
yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau
mencapai Kompetensi Dasar.
v Pengayaan
dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta
didik.
v Direncanakan
berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih
luas misalnya
ª Sebagai pengayaan, guru dapat memberi
tugas kepada peserta didik..
Pasuruan,
................................. 2018
Mengetahui
Kepala UPT SDN NGEMPLAKREJO Guru Mata Pelajaran
HERU ABU KISWORO, S.Pd ISWARIN PURBANDINI, S.Pd
NIP. 19630317 198409 1 001 NIP. 19711112
201001 2 002
Penilaian
Sikap
Satuan
Pendidikan : SDN
Mata
Pelajaran : PJOK
Kelas
/Semester : VI/Ganjil
Tahun
Pelajaran : 2016/2017
No. |
Nama
peserta didik |
Aktifitas |
|||||||||||||||
Kerja sama |
Keaktifan |
Partisipasi |
Inisiatif |
||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
penilaian:
1.
Apabila
peserta didik belum
memperlihatkan perilaku yang dinyatakan
dalam indikator.
2.
Apabila sudah memperlihatkan perilaku tetapi
belum
konsisten
yang
dinyatakan dalam indikator.
3.
Apabila
sudah memperlihatkan perilaku dan sudah kosisten yang dinyatakan
dalam indikator.
4.
Apabila
sudah memperlihatkan perilaku
kebiasaan yang dinyatakan dalam indikator.
Catatan
:
Penguasaan
nilai disesuaikan dengan karakter yang diinginkan.
Rentang
Skor = Skor Maksimal – Skor
Minimal
=
16 – 4
= 12
MK = |
14 - 16 |
MB = |
11-
13 |
MT = |
8 - 10 |
BT = |
4-7 |
Keterangan:
BT |
Belum Terlihat (apabila peserta didik belum
memperlihatkan tanda- tanda
awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator). |
MT |
Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah
mulai memperlihatkan adanya tanda-
tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam
indikator tetapi belum konsisten). |
MB |
Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam
indikator dan mulai |
|
|
MK |
Mulai membudaya/terbiasa (apabila peserta didik terus-menerus memperlihatkan perilaku yang
dinyatakan dalam indikator secara konsisten). |
Format Penilaian Sikap.
Satuan
Pendidikan : SDN
Mata Pelajaran : PJOK
Kelas
/Semester : VI/Ganjil
Tahun
Pelajaran : 2016/2017
Format Lembar Pengamatan
Sikap Peserta didik
No |
Nama |
Sikap |
|||||||||||
Keterbukaan |
Ketekunan belajar |
Kerajinan |
Tenggang rasa |
Kedisiplinan |
Kerja sama |
Ramah dengan teman |
Hormat pada orang tua |
Kejujuran |
Menepati janji |
Kepedulian |
Tanggung jawab |
||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 sampai dengan 4
Jurnal
(buku catatan harian tentang
peserta didik oleh guru)
Satuan
Pendidikan : SDN
Mata
Pelajaran : PJOK
Kelas
/Semester : VI/Ganjil
Tahun
Pelajaran : 2016/2017
Contoh Isi Buku Catatan Harian
No. |
Hari/Tanggal |
Nama Peserta didik |
Kejadian |
1. |
|
|
|
2. |
|
|
|
3. |
|
|
|
dst. |
|
|
|
Kolom kejadian diisi dengan kejadian positif
maupun negatif. Catatan
dalam lembaran buku tersebut, selain bermanfaat untuk
merekam dan menilai perilaku
peserta didik, sangat
bermanfaat pula untuk menilai sikap peserta didik serta dapat
menjadi bahan dalam penilaian perkembangan peserta
didik secara keseluruhan. Selain
itu, dalam observasi
perilaku, dapat juga digunakan daftar cek yang
memuat perilaku-perilaku tertentu
yang diharapkan muncul dari peserta didik pada umumnya atau dalam keadaan tertentu.
LEMBAR
PENILAIAN DIRI
Satuan
Pendidikan : SDN
Mata
Pelajaran : PJOK
Kelas
/Semester : VI/Ganjil
Tahun
Pelajaran : 2016/2017
Berilah tanda centang
() pada kolom nomor yang
sesuai dengan keadaan dirimu!
No. |
Uraian |
Melakukan |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1. |
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
Total skor |
|
|
|
|
|
Skor akhir |
|
|
|
|
|
Tuntas/tidak tuntas |
|
|
|
|
Keterangan:
ª Tidak
pernah, apabila
tidak pernah melakukan.
ª Kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan
dan tidak sering melakukan.
ª Sering, apabila sering
sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
ª Selalu, apabila selalu sesuai pernyataan.
Penilaian sikap social
Satuan Pendidikan : SDN
Mata
Pelajaran : PJOK
Kelas
/Semester : VI/Ganjil
Tahun
Pelajaran : 2016/2017
Berilah tanda centang
(√) pada kolom nomor
yang sesuai dengan keadaan dirimu!
No. |
Uraian |
Melakukan |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1. |
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
|
Total skor |
|
|
|
|
|
Skor akhir |
|
|
|
|
|
Tuntas/tidak tuntas |
|
|
|
|
Keterangan:
1. Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
2. Kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan
dan tidak sering
melakukan.
3. Sering, apabila sering sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan.
4. Selalu, apabila selalu sesuai pernyataan.
Kisi-Kisi
TesTertulis /Uraian/Essai
Satuan Pendidikan :
SDN
Mata
Pelajaran : PJOK
Kelas
/Semester : VI/Ganjil
Tahun
Pelajaran : 2016/2017
No |
KompetensiDasar |
Materi |
IndikatorSoal |
BentukSoal |
JumlahSoal |
1 |
3.1 Menerapkan
prosedur variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar sederhana dan
atau tradisional. * |
ª
Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Permainan Sepakbola |
ª
Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menendang/ mengumpan
bola ª
Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menghentikan bola ª
Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menggiring bola ª
Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menendang bola ke
gawang |
Uraian |
5 |
Contoh
butir soal:
Pedoman Penskoran Soal Uraian
No. Soal |
Rubrik |
Skor |
1 |
Siswadapatmenyebutkanjawabandenganbaikdanbenar. |
4 |
2 |
Siswadapatmenyebutkanjawabandenganbaikdanbenar, tapikuranglengkap. |
3 |
3 |
Siswadapatmenyebutkanjawabantapisalahsebagianbesar. |
1 |
|
|
|
|
SkorMaksimum |
8 |
Kisi-Kisi
TesTertulis /PilihanGanda
Satuan
Pendidikan : SDN
Mata
Pelajaran : PJOK
Kelas
/Semester : VI/Ganjil
Tahun
Pelajaran : 2016/2017
No |
KompetensiDasar |
Materi |
IndikatorSoal |
BentukSoal |
JumlahSoal |
1 |
3.1 Menerapkan
prosedur variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar sederhana dan
atau tradisional. * |
ª
Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Permainan Sepakbola |
ª
Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menendang/ mengumpan
bola ª
Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menghentikan bola ª
Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menggiring bola ª
Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menendang bola ke
gawang |
Pilihan Ganda |
1 |
Soal
Pilihan Ganda:
Pedoman
Penskoran Soal Uraian
No. Soal |
Rubrik |
Skor |
1 |
Siswa dapat menyebutkan jawaban dengan baik dan benar. |
1 |
2 |
Siswa menyebutkan jawaban salah |
0 |
|
|
|
|
Skor Maksimum |
|
Kisi-Kisi
Penugasan
Satuan
Pendidikan : SDN
Mata
Pelajaran : PJOK
Kelas
/Semester : VI/Ganjil
Tahun
Pelajaran : 2016/2017
No. |
Kompetensi Dasar |
Materi |
Indikator
Soal |
Teknik
Penilaian |
|
3.1 Menerapkan
prosedur variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar sederhana dan
atau tradisional. * |
ª
Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Permainan Sepakbola |
ª
Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menendang/ mengumpan
bola ª
Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menghentikan bola ª
Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menggiring bola ª
Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menendang bola ke
gawang |
Penugasan |
Tugas:
ª Memperagakan berbagai teknik dasar menendang/ mengumpan
bola
ª Memperagakan
berbagai teknik dasar menghentikan bola
ª Memperagakan
berbagai teknik dasar menggiring bola
ª Memperagakan
berbagai teknik dasar menendang bola ke gawang
Rubrik Penskoran Penugasan
Komponen Penilaian |
Rubrik |
Skor |
Pendahuluan |
Tujuan dan
landasan teori disampaikan
dengan tepat |
4 |
Tujuan atau landasan teori
disampaikan dengan
kurang tepat |
3 |
|
Hanyamemuat salah
satu komponenpendahuluan namun
disampaikan dengan
tepat |
2 |
|
Hanyamemuat salah
satu komponen pendahuluan dan
disampaikan dengan
kurangtepat |
1 |
|
Pelaksanaan |
Baris program ditulis dengan lengkap
berikut
flowchart dan
penjelasannyadengan
tepat |
4 |
Baris program ditulisdengan lengkap
berikut
flowchart dan
penjelasannyadengan
kurangtepat |
3 |
|
Baris program ditulis dengan lengkap
berikut
flowchart dengan tepat |
2 |
|
Baris program ditulis dengan lengkap
berikut
flowchart dengan kurang tepat |
1 |
|
Kesimpulan |
Terkait dengan
pelaksanaan
tugas danadasaran untuk
perbaikan penugasan
berikutnyayang
feasible |
4 |
Terkait dengan
pelaksanaan
tugas danadasaran untuk
perbaikan penugasan
berikutnyatetapi
kurang feasible |
3 |
|
Terkait dengan
pelaksanaan
tugas tetapi tidak
adasaran |
2 |
|
Tidak terkait dengan
pelaksanaan tugas
dan
tidak ada saran |
1 |
|
Tampilan
laporan |
Laporan
rapi
dan menarik,
dilengkapicoverdan
foto/gambar |
4 |
Laporan
rapi
dan menarik,
dilengkapicoveratau
foto/gambar |
3 |
|
Laporan
dilengkapi
cover atau foto/gambartetapikurang
rapi atau kurangmenarik |
2 |
|
Laporan
kurangrapi
dankurangmenarik, tidak dilengkapi coverdanfoto/gambar |
1 |
|
Keterbacaan |
Mudah dipahami, pilihan katatepat,
danejaan semua
benar |
4 |
Mudah dipahami, pilihan katatepat,
beberapa ejaan salah |
3 |
|
Kurangdapat dipahami,pilihan katakurangtepat,
dan beberapa ejaan
salah |
2 |
|
Tidak mudah dipahami,pilihan katakurangtepat,
dan banyak
ejaanyangsalah |
1 |
No |
Nama |
Skoruntuk |
Jumlah skor |
Nilai |
||||
Pend |
Pelaks |
Kesimp |
Tamp |
Keterb |
||||
1 |
Adi |
4 |
2 |
2 |
3 |
3 |
14 |
70 |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
Keterangan:
© Skor
maksimal = banyaknya kriteria x skor tertinggi setiap kriteria.
© Pada
contoh di atas, skor maksimal = 5x 4=
20.
©
© Pada
contoh di atas nilai tugas Ajat =
Rubrik
Penilaian Tugas Proyek
Satuan
Pendidikan : SDN
Mata
Pelajaran : PJOK
Kelas
/Semester : VI/Ganjil
Tahun
Pelajaran : 2016/2017
Tugas
ª Gambarlah
lapangan sepak bola beserta keterangannya.
Rubrik penilaian proyek untuk mengumpulkan
lembar kegiatan
ª
No |
Nama |
Penilaian |
|||
Keakuratan Data dan Informasi |
Ketepatan Analisis |
Kerapian Penulisan Laporan |
Kelancaran Presentasi |
||
1. |
.... |
..... |
.... |
.... |
.... |
2. |
.... |
..... |
.... |
.... |
.... |
.... |
.... |
..... |
.... |
.... |
.... |
Pedoman penskoran :
Aspek yang Dinilai |
Skor |
Keakuratan data dan
informasi • Data dan
informasi
yang digunakan sangat
akurat dan lengkap • Data dan
informasi
yang digunakan akurat tetapi kurang lengkap • Data dan
informasi
yang digunakan
tidak akurat
dan tidak lengkap |
3 2 1 |
Ketepatan analisis • Analisis tepat • Analisis kurang tepat • Analisis tidak tepat |
3 2 1 |
Kerapian penulisan laporan • Penulisan
laporan rapi • Penulisan
laporan kurang rapi • Penulisan
laporan tidak rapi |
3 2 1 |
Kelancaran
dalam presentasi • Lancar • Kurang lancar • Tidak lancar |
3 2 1 |
Format Penilaian Praktik:
Satuan
Pendidikan : SDN
Mata
Pelajaran : PJOK
Kelas
/Semester : VI/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2016/2017
Tugas :
ª Peserta didik diminta untuk Coba praktikkan
berbagai teknik permainan sepak bola, yang meliputi:
a. Teknik menendang
bola
b. Teknik menghentikan
bola
c. Teknik menyundul
bola
d. Teknik menggiring
bola
Nama peserta didik :
Kelas :
No ASPEK YANG DINILAI |
Skala
Penilaian |
||||
4 |
3 |
2 |
1 |
||
1. |
Penghayatan |
|
|
|
|
2. |
Atribut
pendukung yang digunakan |
|
|
|
|
3. |
Kerja
sama |
|
|
|
|
4. |
Ketepatan
isi cerita |
|
|
|
|
Keterangan:
Kriteria penilaian
dapat dilakukan sebagai berikut:
4 = sangat baik
3 = baik
2 = kurang
1 = sangat kurang
INSTRUMEN
REMEDIAL
Satuan
Pendidikan : SDN
Mata
Pelajaran : PJOK
Kelas
/Semester : VI/Ganjil
Tahun
Pelajaran : 2016/2017
Remidial dilakukan apabila setelah diadakan penilaian pada kompetensi yang
telah diajarkan pada peserta didik, nilai yang dicapai lidak memenuhi
KB (Ketuntasan Belajar)
yang telah ditentukan, berikut contoh formatnya:
remidial terhadap tiga peserta didik.
No. |
Nama Peserta Didik |
KD |
Aspek |
Materi |
Indikator |
KB |
Bentuk Remedial |
Nilai |
|
Awal |
Remedial |
||||||||
1. 2. 3. |
Ajat Ewinkz Helmi |
|
|
|
|
70 |
|
66 |
83 |
Format
Pengayaan
Satuan
Pendidikan : SDN
Mata
Pelajaran : PJOK
Kelas
/Semester : VI/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2016/2017
Pengayaan
dilakukan apabila setelah diadakan penilaian pada kompetensi yang telah diajarkan pada peserta didik, nilai
yang dicapai melampaui KB (Ketuntasan Belajar) yang
telah ditentukan, berikut contoh formatnya : pengayaan terhadap enam peserta
didik.
No. |
Nama Peserta Didik |
KD |
Aspek |
Materi |
Indikator |
KB |
Bentuk Pengayaan |
Nilai |
||
Awal |
Pengayaan |
|||||||||
1. 2. 3. |
Delon Fregi Hilman |
|
|
|
|
70 |
|
80 80 80 |
85 85 85 |
|
……………, 25 Juli 2016
Mengetahui
Kepala SDN Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
0 Response to "RPP KELAS 6 PJOK"
Post a Comment