RPP KELAS 6 PJOK

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan      : UPT SDN NGEMPLAKREJO

Mata Pelajaran            : PJOK

Kelas /Semester           : VI/Ganjil

Tema                           : Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Permainan Sepakbola

Tahun Pelajaran          : 2018/2019

Alokasi Waktu             : 16 JP ( 4Pertemuan)

 

A.    Tujuan Pembelajaran

Melalui pendalaman cerita, pendalaman cerita kitab suci, diskusi dan mendaraskan mazmur, peserta didik dapat :

ª  Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menendang/ mengumpan bola

ª  Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menghentikan bola

ª  Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menggiring bola

ª  Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menendang bola ke gawang

ª  Memperagakan  berbagai teknik dasar menendang/ mengumpan bola

ª  Memperagakan berbagai teknik dasar menghentikan bola

ª  Memperagakan berbagai teknik dasar menggiring bola

ª  Memperagakan berbagai teknik dasar menendang bola ke gawang

 

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.1  Menerapkan prosedur variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional. *

3.1.1       Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menendang/ mengumpan bola

3.1.2       Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menghentikan bola

3.1.3       Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menggiring bola

3.1.4       Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menendang bola ke gawang

4.1  Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional. *

4.1.1       Memperagakan  berbagai teknik dasar menendang/ mengumpan bola

4.1.2       Memperagakan berbagai teknik dasar menghentikan bola

4.1.3       Memperagakan berbagai teknik dasar menggiring bola

4.1.4       Memperagakan berbagai teknik dasar menendang bola ke gawang

 

C.    Materi Pembelajaran

1.     Fakta:

ª  Permainan sepak bola dilakukan oleh dua tim, masing-masing tim terdiri atas 11 orang pemain dan beberapa orang pemain cadangan

2.     Konsep

ª  Negara yang pertama kali memperkenalkan dan menyebarluaskan olahraga sepak bola adalah Inggris.

3.     Prinsip

ª  Terdapat beberapa teknik dalam permainan sepak bola, di antaranya menendang, mengontrol, menyundul, dan menggiring.

4.     Prosedur

ª  Memperagakan  berbagai teknik dasar menendang/ mengumpan bola

ª  Memperagakan berbagai teknik dasar menghentikan bola

ª  Memperagakan berbagai teknik dasar menggiring bola

ª  Memperagakan berbagai teknik dasar menendang bola ke gawang

 

D.    Metode Pembelajaran

1.     Pendekatan                   :  Scientific Learning

2.     Model Pembelajaran      :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)

 

E.    Media Pembelajaran

1.     Media LCD projector,

2.     Laptop,

3.     Bahan Tayang

 

F.     Sumber Belajar

1.     Buku Pegangan Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas 6 Kurikulum 2013

2.     Buku Pegangan  Siswa Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas 6 Kurikulum 2013

3.     Modul/bahan ajar,

4.     Internet,

5.     Sumber lain yang relevan

 

 

G.    Langkah-langkah Pembelajaran

1. Pertemuan Ke-1 ( 4 x 35 menit )

Waktu

Kegiatan Pendahuluan

Guru :

Orientasi

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

ª  Guru mengajak peserta didik untuk berkenalan satu dengan yang lain,  sehingga guru dapat mengenal peserta didik. Demikian juga peserta didik bias saling mengenal peserta didik lainnya. (Kegiatan ini disesuaikan dengan situasi)

Apersepsi

v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,

ª  Guru mengajak peserta didik untuk mengingat kembali atau menyegarkan  ingatan mereka, mengenai materi pelajaran PJOK pada kelas sebelumnya, untuk menjembatani materi sebelumnya dengan materi yang baru.

v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.

v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar menendang/mengumpan bola

v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung

v  Mengajukan pertanyaan.

v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

v  Pembagian kelompok belajar

v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

20

menit

Kegiatan Inti

Sintak

Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Orientasi peserta didik kepada masalah

Mengamati

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar menendang/mengumpan bola

dengan cara :

v  Melihat (tanpa atau dengan alat)

Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini

v  Mengamati

lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan:

ª  Teknik menendang bola pada permainan sepak bola, bermacam-macam. Teknik teknik tersebut, di antaranya:

 

 

 

v  Membaca

materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar menendang/mengumpan bola

v  Mendengar

pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar menendang/mengumpan bola

v  Menyimak,

penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar menendang/mengumpan bola

untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

Mengorganisasikan peserta didik

Menanya

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

v  Mengajukan pertanyaan tentang :

ª  Cara melakukan tendangan bola mendatar

ª  Cara melakukan tendangan bola melambung

ª  Cara melakukan tendangan bola dengan kaki bagian dalam

ª  Cara melakukan tendangan bola dengan punggung kaki,

ª  Cara melakukan tendangan dengan punggung kaki bagian luar

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok

Mengumpulkan informasi

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

v  Mengamati obyek/kejadian,

v  Membaca sumber lain selain buku teks,

mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar menendang/mengumpan bola

v  Mengumpulkan informasi

Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar menendang/mengumpan bola

v  Aktivitas

ª  Siswa menerima dan mempelajari kartu tugas (task sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Permainan Sepakbola tentang menendang/mengumpan, dengan menggunakan berbagai bagian kaki dalam posisi di tempat dan sambil bergerak.

ª  Siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang ditentukan guru untuk mencapai ketuntasan belajar pada setiap materi pembelajaran.

ª  Siswa menerima umpan balik dari guru.

ª  Siswa melakukan pengulangan pada materi pembelajaran yang belum tercapai ketuntasannya sesuai umpan balik yang diberikan.

ª  Siswa mencoba tugas variasi dan kombinasi pola gerak dasar permainan sepakbola ke dalam permainan sederhana dan atau tradisional dilandasi nilai-nilai disiplin, percaya diri, sungguh-sungguh, dan kerja sama.

v  Mempraktikan

ª  Peserta didik diminta memperagakan teknik dasar Menendang dan mengumpan bola

v  Mendiskusikan

v  Saling tukar informasi tentang  :

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar menendang/mengumpan bola

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Mengkomunikasikan

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan

v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar menendang / mengumpan bola

v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan

v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar menendang / mengumpan bola

v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.

v  Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah

Mengasosiasikan

Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:

v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar menendang / mengumpan bola

v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar menendang / mengumpan bola

100

menit

Catatan :

Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

 

Kegiatan Penutup

Peserta didik :

  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.

Guru :

  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
  • Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
  • Berdoa

20

menit

 

2. Pertemuan Ke-2 (4 x 35 menit )

Waktu

Kegiatan Pendahuluan

Guru :

Orientasi

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

v  Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak peserta didik untuk bernyanyi bersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak peserta didik menyanyikan lagu lain yang sesuai dengan tema pelajaran.

v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Apersepsi

v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar menendang / mengumpan bola

v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.

v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar menghentikan bola

v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung

v  Mengajukan pertanyaan.

Pemberian Acuan

v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

v  Pembagian kelompok belajar

v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

20

menit

Kegiatan Inti

Sintak

Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Orientasi peserta didik kepada masalah

Mengamati

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar menghentikan bola

dengan cara :

v  Melihat (tanpa atau dengan alat)

Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar menghentikan bola

v  Mengamati

lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan:

ª  Teknik mengontrol bola pada permainan sepak bola bermacam-macam. Teknikteknik tersebut, di antaranya:

 

 

 

 

v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),

materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan

ª  Teknik menghentikan bola dengan telapak kaki

ª  Teknik mengontrol bola dengan punggung kaki

ª  Teknik menghentikan bola dengan kaki bagian dalam

ª  Teknik menghentikan bola dengan kaki bagian luar

ª  Teknik menghentikan bola dengan paha

ª  Teknik menghentikan bola dengan dada

ª  Teknik menghentikan bola dengan perut

ª  Teknik menghentikan bola dengan dahi

v  Mendengar

pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar menghentikan bola

v  Menyimak,

penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar menghentikan bola

untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

Mengorganisasikan peserta didik

Menanya

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

v  Mengajukan pertanyaan tentang :

ª  Teknik menghentikan bola dengan telapak kaki

ª  Teknik mengontrol bola dengan punggung kaki

ª  Teknik menghentikan bola dengan kaki bagian dalam

ª  Teknik menghentikan bola dengan kaki bagian luar

ª  Teknik menghentikan bola dengan paha

ª  Teknik menghentikan bola dengan dada

ª  Teknik menghentikan bola dengan perut

ª  Teknik menghentikan bola dengan dahi

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :

ª   

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok

Mengumpulkan informasi

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

v  Mengamati obyek/kejadian,

v  Membaca sumber lain selain buku teks,

mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar menghentikan bola

v  Mengumpulkan informasi

Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar menghentikan bola

v  Aktivitas

v  Mempraktikan

ª  Peserta didik diminta untuk memperagakan berbagai Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar menghentikan bola

©  Teknik menghentikan bola dengan telapak kaki

©  Teknik mengontrol bola dengan punggung kaki

©  Teknik menghentikan bola dengan kaki bagian dalam

©  Teknik menghentikan bola dengan kaki bagian luar

©  Teknik menghentikan bola dengan paha

©  Teknik menghentikan bola dengan dada

©  Teknik menghentikan bola dengan perut

©  Teknik menghentikan bola dengan dahi

v  Mendiskusikan

v  Saling tukar informasi tentang  :

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Mengkomunikasikan

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan

v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar menghentikan bola

v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan

v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar menghentikan bola

v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.

v  Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah

Mengasosiasikan

Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:

v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar menghentikan bola

v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar menghentikan bola

100

menit

Catatan :

Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

 

Kegiatan Penutup

Peserta didik :

  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
  • Akhiri pertemuan dengan berdoa bersama. Guru dan peserta didik dapat menggunakan doa yang sudah ada di buku. Guru dapat juga meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa dengan menggunakan kalimat sendiri.

Guru :

  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
  • Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
  • Berdoa

20

menit

 

3. Pertemuan Ke-3 (4 x 35 menit )

Waktu

Kegiatan Pendahuluan

Guru :

Orientasi

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

v  Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak peserta didik untuk bernyanyi bersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak peserta didik menyanyikan lagu lain yang sesuai dengan tema pelajaran.

v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Apersepsi

v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar menghentikan bola

v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.

v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Menggiring Bola

v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung

v  Mengajukan pertanyaan.

Pemberian Acuan

v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

v  Pembagian kelompok belajar

v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

20

menit

Kegiatan Inti

Sintak

Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Orientasi peserta didik kepada masalah

Mengamati

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Menggiring Bola

dengan cara :

v  Melihat (tanpa atau dengan alat)

Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Menggiring Bola

v  Mengamati

lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan:

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Menggiring Bola

v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),

materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Menggiring Bola

v  Mendengar

pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Menggiring Bola

v  Menyimak,

penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Menggiring Bola

untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

Mengorganisasikan peserta didik

Menanya

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

v  Mengajukan pertanyaan tentang :

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Menggiring Bola

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :

ª   

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok

Mengumpulkan informasi

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

v  Mengamati obyek/kejadian,

v  Membaca sumber lain selain buku teks,

mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Menggiring Bola

v  Mengumpulkan informasi

Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Menggiring Bola

v  Aktivitas

v  Mempraktikan

ª  Peserta didik diminta mempergakan Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Menggiring Bola

©  Menggiring bola dengan kaki  bagian dalam

©  Menggiring bola dengan punggung kaki

©  Menggiring bola dengan kaki bagian luar

v  Mendiskusikan

v  Saling tukar informasi tentang  :

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Mengkomunikasikan

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan

v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Menggiring Bola

v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan

v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Menggiring Bola

v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.

v  Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah

Mengasosiasikan

Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:

v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Menggiring Bola

v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Menggiring Bola

100

menit

Catatan :

Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

 

Kegiatan Penutup

Peserta didik :

  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
  • Akhiri pertemuan dengan berdoa bersama. Guru dan peserta didik dapat menggunakan doa yang sudah ada di buku. Guru dapat juga meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa dengan menggunakan kalimat sendiri.

Guru :

  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
  • Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
  • Berdoa

20

menit

 

4. Pertemuan Ke-4 (4 x 35 menit )

Waktu

Kegiatan Pendahuluan

Guru :

Orientasi

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

v  Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak peserta didik untuk bernyanyi bersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak peserta didik menyanyikan lagu lain yang sesuai dengan tema pelajaran.

v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Apersepsi

v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Menggiring Bola

v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.

v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Menendang bola ke gawang

v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung

v  Mengajukan pertanyaan.

Pemberian Acuan

v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

v  Pembagian kelompok belajar

v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

20

menit

Kegiatan Inti

Sintak

Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Orientasi peserta didik kepada masalah

Mengamati

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Menendang bola ke gawang

ª   dengan cara :

v  Melihat (tanpa atau dengan alat)

Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Menendang bola ke gawang

v  Mengamati

lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan:

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Menendang bola ke gawang

v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),

materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Menendang bola ke gawang

v  Mendengar

pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Menendang bola ke gawang

v  Menyimak,

penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Menendang bola ke gawang

untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

Mengorganisasikan peserta didik

Menanya

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

v  Mengajukan pertanyaan tentang :

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Menendang bola ke gawang

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :

ª   

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok

Mengumpulkan informasi

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

v  Mengamati obyek/kejadian,

v  Membaca sumber lain selain buku teks,

mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Menendang bola ke gawang

v  Mengumpulkan informasi

Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Menendang bola ke gawang

v  Aktivitas

v  Mempraktikan

ª  Peserta didik diminta mempergakan Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Menendang bola ke gawang

v  Mendiskusikan

v  Saling tukar informasi tentang  :

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Menendang bola ke gawang

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Mengkomunikasikan

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan

v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Menendang bola ke gawang

v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan

v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Menendang bola ke gawang

v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.

v  Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah

Mengasosiasikan

Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:

v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Menendang bola ke gawang

v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Menendang bola ke gawang

100

menit

Catatan :

Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

 

Kegiatan Penutup

Peserta didik :

  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
  • Akhiri pertemuan dengan berdoa bersama. Guru dan peserta didik dapat menggunakan doa yang sudah ada di buku. Guru dapat juga meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa dengan menggunakan kalimat sendiri.

Guru :

  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
  • Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
  • Berdoa

20

menit

 

F.     Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 

1.     Teknik Penilaian

a.     Penilaian Kompetensi Pengetahuan

1)     Tes Tertulis

a)     Pilihan ganda

b)     Uraian/esai

2)     Tes Lisan

b.     Penilaian Kompetensi Keterampilan

1)     Proyek, pengamatan, wawancara

ª  Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok

ª  Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok

ª  Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi

2)     Portofolio / unjuk kerja

ª  Laporan tertulis individu/ kelompok

3)     Produk,

2.     Instrumen Penilaian

a.     Pertemuan Pertama (Terlampir)

b.     Pertemuan Kedua (Terlampir)

c.      Pertemuan Ketiga (Terlampir)

d.     Pertemuan Keempat (Terlampir)

 

3.     Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

a.     Remedial

v  Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar

v  Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.

ª  Bagi peserta didik yang belum memahami pelajaran ini, guru memberikan  tugas, dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang lebih sederhana,

b.     Pengayaan

v  Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.

v  Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.

v  Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya

ª  Sebagai pengayaan, guru dapat memberi tugas kepada peserta didik..

 

 

 

 

 

                                                                                                   Pasuruan, ................................. 2018

Mengetahui                                                         

Kepala UPT SDN NGEMPLAKREJO                   Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

HERU ABU KISWORO, S.Pd                                                                         ISWARIN PURBANDINI, S.Pd

                        NIP. 19630317 198409 1 001                                NIP. 19711112 201001 2 002

 

 


 

Penilaian Sikap

 

Satuan Pendidikan      : SDN

Mata Pelajaran            : PJOK

Kelas /Semester           : VI/Ganjil

Tahun Pelajaran          : 2016/2017

 

 

 

 

No.

 

 

Nama peserta didik

 

Aktifitas

 

Kerja sama

 

Keaktifan

 

Partisipasi

 

Inisiatif

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rubrik penilaian:

1.     Apabila peserta didik belum memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator.

2.     Apabila  sudah  memperlihatkan  perilaku  tetapi  belum  konsisten  yang dinyatakan dalam indikator.

3.     Apabila sudah memperlihatkan perilaku dan sudah kosisten yang dinyatakan dalam indikator.

4.     Apabila sudah memperlihatkan perilaku kebiasaan yang dinyatakan dalam indikator.

Catatan :

Penguasaan nilai disesuaikan dengan karakter yang diinginkan.

Rentang Skor                = Skor Maksimal – Skor Minimal

= 16 – 4

= 12

MK =

14 - 16

MB =

11- 13

MT =

8 - 10

BT =

4-7

Keterangan:

BT

Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda- tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).

MT

Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda- tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).

MB

Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai

 

 

MK

Mulai membudaya/terbiasa (apabila peserta didik terus-menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten).

 


 

Format Penilaian Sikap.

Satuan Pendidikan      : SDN

Mata Pelajaran            : PJOK

Kelas /Semester           : VI/Ganjil

Tahun Pelajaran          : 2016/2017

 

Format Lembar Pengamatan Sikap Peserta didik

 

 

 

 

No

 

 

Nama

Sikap

 

Keterbukaan

 

Ketekunan belajar

 

Kerajinan

 

Tenggang rasa

 

Kedisiplinan

 

Kerja sama

 

Ramah dengan teman

Hormat pada orang tua

 

Kejujuran

 

Menepati janji

 

Kepedulian

 

Tanggung jawab

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 sampai dengan 4

 


 

Jurnal (buku catatan harian tentang peserta didik oleh guru)

 

Satuan Pendidikan      : SDN

Mata Pelajaran            : PJOK

Kelas /Semester           : VI/Ganjil

Tahun Pelajaran          : 2016/2017

 

Contoh Isi Buku Catatan Harian

 

No.

Hari/Tanggal

Nama Peserta didik

Kejadian

1.

 

 

 

2.

 

 

 

3.

 

 

 

dst.

 

 

 

Kolom kejadian diisi dengan kejadian positif maupun negatif. Catatan dalam lembaran buku tersebut, selain bermanfaat untuk merekam dan menilai perilaku peserta didik, sangat bermanfaat pula untuk menilai sikap peserta didik serta dapat menjadi bahan dalam penilaian perkembangan peserta didik secara keseluruhan. Selain itu, dalam observasi perilaku, dapat juga  digunakan  daftar cek  yang  memuat  perilaku-perilaku  tertentu  yang diharapkan muncul dari peserta didik pada umumnya atau dalam keadaan tertentu.

 


 

LEMBAR PENILAIAN  DIRI

 

 

Satuan Pendidikan      : SDN

Mata Pelajaran            : PJOK

Kelas /Semester           : VI/Ganjil

Tahun Pelajaran          : 2016/2017

 

 

Berilah  tanda centang () pada kolom nomor  yang  sesuai dengan keadaan dirimu!

 

 

No.

 

 

Uraian

 

Melakukan

1

2

3

4

1.

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

Total skor

 

 

 

 

 

Skor akhir

 

 

 

 

 

Tuntas/tidak tuntas

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

ª  Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.

ª  Kadang-kadang,  apabila  kadang-kadang   melakukan  dan   tidak sering  melakukan.

ª  Sering, apabila sering  sesuai pernyataan dan  kadang-kadang tidak melakukan.

ª  Selalu, apabila selalu sesuai pernyataan.

 


 

Penilaian  sikap social

Satuan Pendidikan      : SDN

Mata Pelajaran            : PJOK

Kelas /Semester           : VI/Ganjil

Tahun Pelajaran          : 2016/2017

 

Berilah  tanda centang () pada kolom nomor  yang  sesuai dengan keadaan dirimu!

 

 

No.

 

 

Uraian

 

Melakukan

1

2

3

4

 

1.

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

Total skor

 

 

 

 

 

Skor akhir

 

 

 

 

 

Tuntas/tidak tuntas

 

 

 

 

 

Keterangan:

1.      Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.

2.      Kadang-kadang,  apabila  kadang-kadang   melakukan  dan   tidak sering  melakukan.

3.      Sering, apabila sering  sesuai pernyataan dan  kadang-kadang tidak melakukan.

4.      Selalu, apabila selalu sesuai pernyataan.

 

 

 


 

Kisi-Kisi TesTertulis /Uraian/Essai

Satuan Pendidikan      : SDN

Mata Pelajaran            : PJOK

Kelas /Semester           : VI/Ganjil

Tahun Pelajaran          : 2016/2017

 

No

KompetensiDasar

Materi

IndikatorSoal

BentukSoal

JumlahSoal

1

3.1  Menerapkan prosedur variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional. *

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Permainan Sepakbola

ª  Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menendang/ mengumpan bola

ª  Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menghentikan bola

ª  Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menggiring bola

ª  Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menendang bola ke gawang

Uraian

5

Contoh butir soal:

 

Pedoman Penskoran Soal Uraian

No. Soal

Rubrik

Skor

1

Siswadapatmenyebutkanjawabandenganbaikdanbenar.

4

2

Siswadapatmenyebutkanjawabandenganbaikdanbenar, tapikuranglengkap.

3

3

Siswadapatmenyebutkanjawabantapisalahsebagianbesar.

1

 

 

 

 

SkorMaksimum

8

 


 

Kisi-Kisi TesTertulis /PilihanGanda

 

Satuan Pendidikan      : SDN

Mata Pelajaran            : PJOK

Kelas /Semester           : VI/Ganjil

Tahun Pelajaran          : 2016/2017

 

No

KompetensiDasar

Materi

IndikatorSoal

BentukSoal

JumlahSoal

1

3.1  Menerapkan prosedur variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional. *

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Permainan Sepakbola

ª  Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menendang/ mengumpan bola

ª  Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menghentikan bola

ª  Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menggiring bola

ª  Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menendang bola ke gawang

Pilihan Ganda

1

 

Soal Pilihan Ganda:

Pedoman Penskoran Soal Uraian

No. Soal

Rubrik

Skor

1

Siswa dapat menyebutkan jawaban dengan baik dan benar.

1

2

Siswa menyebutkan jawaban salah

0

 

 

 

 

Skor Maksimum

 

 

 

                                                                                                  

Kisi-Kisi Penugasan

Satuan Pendidikan      : SDN

Mata Pelajaran            : PJOK

Kelas /Semester           : VI/Ganjil

Tahun Pelajaran          : 2016/2017

 

No.

Kompetensi Dasar

Materi

Indikator Soal

Teknik Penilaian

 

3.1  Menerapkan prosedur variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional. *

ª  Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Permainan Sepakbola

ª  Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menendang/ mengumpan bola

ª  Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menghentikan bola

ª  Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menggiring bola

ª  Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menendang bola ke gawang

Penugasan

 

Tugas:

ª  Memperagakan  berbagai teknik dasar menendang/ mengumpan bola

ª  Memperagakan berbagai teknik dasar menghentikan bola

ª  Memperagakan berbagai teknik dasar menggiring bola

ª  Memperagakan berbagai teknik dasar menendang bola ke gawang

 

 

Rubrik Penskoran Penugasan

Komponen

Penilaian

Rubrik

Skor

Pendahuluan

 

Tujuan dan landasan teori disampaikan dengan tepat

 

4

 

Tujuan atau landasan teori disampaikan dengan kurang tepat

 

3

 

Hanyamemuat salah satu komponenpendahuluan namun disampaikan dengan tepat

 

2

 

Hanyamemuat salah satu komponen pendahuluan dan disampaikan dengan kurangtepat

 

1

 

Pelaksanaan

 

Baris program ditulis dengan lengkap berikut flowchart dan penjelasannyadengan tepat

 

4

 

Baris program ditulisdengan lengkap berikut flowchart dan penjelasannyadengan kurangtepat

 

3

 

Baris program ditulis dengan lengkap berikut flowchart dengan tepat

 

2

 

Baris program ditulis dengan lengkap berikut flowchart dengan kurang tepat

 

1

 

Kesimpulan

 

Terkait  dengan pelaksanaan tugas danadasaran untuk perbaikan penugasan berikutnyayang feasible

 

4

 

Terkait  dengan pelaksanaan tugas danadasaran untuk perbaikan penugasan berikutnyatetapi kurang  feasible

 

3

 

Terkait  dengan pelaksanaan tugas tetapi tidak adasaran

 

2

 

Tidak terkait dengan pelaksanaan tugas dan tidak ada saran

 

1

 

Tampilan laporan

 

Laporan rapi dan menarik, dilengkapicoverdan foto/gambar

 

4

 

Laporan rapi dan menarik, dilengkapicoveratau foto/gambar

 

3

 

Laporan dilengkapi cover atau foto/gambartetapikurang rapi atau kurangmenarik

 

2

 

Laporan kurangrapi dankurangmenarik, tidak dilengkapi coverdanfoto/gambar

 

1

 

Keterbacaan

 

Mudah dipahami, pilihan katatepat, danejaan semua benar

 

4

 

Mudah dipahami, pilihan katatepat, beberapa ejaan salah

 

3

 

Kurangdapat dipahami,pilihan katakurangtepat,  dan beberapa ejaan salah

 

2

 

Tidak mudah dipahami,pilihan katakurangtepat,  dan banyak ejaanyangsalah

 

1

 

No

 

Nama

Skoruntuk

Jumlah

skor

 

Nilai

Pend

Pelaks

Kesimp

Tamp

Keterb

1

Adi

4

2

2

3

3

14

70

...

...

...

...

...

...

...

...

...

 

Keterangan:

©  Skor maksimal = banyaknya kriteria x skor tertinggi setiap kriteria.

©  Pada contoh di atas, skor maksimal  = 5x 4= 20.

©   

©    Pada contoh di atas nilai tugas Ajat =  = 70


 

Rubrik Penilaian Tugas Proyek

Satuan Pendidikan      : SDN

Mata Pelajaran            : PJOK

Kelas /Semester           : VI/Ganjil

Tahun Pelajaran          : 2016/2017

 

Tugas

ª  Gambarlah lapangan sepak bola beserta keterangannya.

 

Rubrik penilaian proyek untuk mengumpulkan  lembar kegiatan

ª   

 

 

No

 

 

Nama

Penilaian

Keakuratan Data  dan Informasi

 

Ketepatan

Analisis

Kerapian Penulisan Laporan

 

Kelancaran

Presentasi

1.

....

.....

....

....

....

2.

....

.....

....

....

....

....

....

.....

....

....

....

 

Pedoman penskoran :

Aspek yang  Dinilai

Skor

Keakuratan data  dan  informasi

 Data dan  informasi yang digunakan sangat akurat dan lengkap

 Data dan  informasi yang digunakan akurat tetapi kurang lengkap

 Data dan  informasi yang digunakan tidak  akurat dan tidak  lengkap

 

3

2

1

Ketepatan analisis

 Analisis tepat

 Analisis kurang tepat

 Analisis tidak  tepat

 

 

3

2

1

Kerapian penulisan laporan

 Penulisan laporan rapi

 Penulisan laporan kurang rapi

 Penulisan laporan tidak  rapi

 

3

2

1

Kelancaran dalam presentasi

 Lancar

 Kurang lancar

 Tidak  lancar

 

3

2

1

 


Format Penilaian Praktik:

Satuan Pendidikan      : SDN

Mata Pelajaran            : PJOK

Kelas /Semester           : VI/Ganjil

Tahun Pelajaran          : 2016/2017

Tugas                           :

ª  Peserta didik diminta untuk Coba praktikkan berbagai teknik permainan sepak bola, yang meliputi:

a. Teknik menendang bola

b. Teknik menghentikan bola

c. Teknik menyundul bola

d. Teknik menggiring bola

 

 

Nama peserta didik     :                 

Kelas                           :          

 

 

No                         ASPEK YANG DINILAI

Skala Penilaian

 

4

 

3

 

2

 

1

1.

Penghayatan

 

 

 

 

2.

Atribut pendukung yang digunakan

 

 

 

 

3.

Kerja sama

 

 

 

 

4.

Ketepatan isi cerita

 

 

 

 

 

Keterangan:

Kriteria penilaian dapat dilakukan sebagai berikut:

4 = sangat baik

3 = baik

2 = kurang

1 = sangat kurang


 

INSTRUMEN REMEDIAL

 

 

Satuan Pendidikan      : SDN

Mata Pelajaran            : PJOK

Kelas /Semester           : VI/Ganjil

Tahun Pelajaran          : 2016/2017

 

Remidial dilakukan apabila setelah diadakan penilaian pada kompetensi yang telah diajarkan pada peserta didik, nilai yang dicapai lidak  memenuhi  KB (Ketuntasan  Belajar) yang  telah  ditentukan, berikut contoh formatnya: remidial terhadap tiga peserta didik.

 

 

No.

 

Nama Peserta Didik

 

 

KD

 

 

Aspek

 

 

Materi

 

 

Indikator

 

 

KB

 

 

Bentuk

Remedial

 

Nilai

Awal

Remedial

1.

 

 

 

2.

 

 

 

3.

Ajat

 

 

 

Ewinkz

 

 

 

Helmi

 

 

 

 

70

 

66

83

 


 

Format Pengayaan

 

Satuan Pendidikan      : SDN

Mata Pelajaran            : PJOK

Kelas /Semester           : VI/Ganjil

Tahun Pelajaran          : 2016/2017

 

Pengayaan   dilakukan apabila setelah diadakan penilaian pada kompetensi  yang telah diajarkan  pada  peserta  didik, nilai   yang dicapai melampaui KB (Ketuntasan Belajar) yang telah ditentukan, berikut contoh formatnya : pengayaan terhadap enam peserta didik.

 

 

No.

 

Nama Peserta Didik

 

 

KD

 

 

Aspek

 

 

Materi

 

 

Indikator

 

 

KB

 

Bentuk

Pengayaan

 

Nilai

Awal

Pengayaan

1.

 

 

 

2.

 

 

 

3.

Delon

 

 

 

Fregi

 

 

 

Hilman

 

 

 

 

70

 

80

 

 

 

80

 

 

 

80

85

 

 

 

85

 

 

 

85

 

 

 

 

 

 

                                                                                              ……………, 25 Juli 2016

Mengetahui

Kepala SDN                                                         Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

……………………………………                                     …………………………………….

NIP/NRK.                                                                          NIP/NRK.

 

0 Response to "RPP KELAS 6 PJOK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel